Kamis, 09 Juni 2011

teMPAT PELELANGAN IKAN

DESKRISI TEMPAT PELELANGAN IKAN DI PAOTERE
Lantai tempat pelelangan ikan seharusnya terbuat dari bahan yang kedap air dengan kemiringan tertentu yang dilengkapi lubang pembuangan pada tengah lantai sehingga air, darah, dan kotoran ikan yang terbuang dapat mengalir ke saluran, sehingga tidak ada yang tergenang. Namun kenyataanya di paotere tidak demikian banyak air dan darah-darah ikan yang tergenang.
Dinding bangunannya juga terbuat dari bahan kedap air setinggi ±1,5 meter. Guna memudahkan dalam pembersihannya. Namun di paotere bahkan tidak memiliki dinding hanya ada tiang sehingga polusi dari luar dapat dengan mudah masuk ke ruang pelelangan ikan.
Tempat melelang ikannya hanya di atas lantai dan dilapisi selembar terpal yang juga sudah kotor. Dengan kontaminasi dari hgenangan air, darah dan sebagainya. Orang-orang yang melintas di sela-sela tempat lelangan ikan juga menambah ketidak bersihannya.
Sumber air yang mencukupi untuk kebutuhan penanganan dan sanitasi lingkungan dan kebersihan .pekerja. Pencahayan yang kurang memadai. Es yang digunakan tidak bersih yang diletakkan di sembarang tempat
Wadah ikan di paotere terkadang diletakkan pada tempat-tempat yang tidak bersih misalnya di dekat wc dan di lantai yang tergenang iar dan kotoran yang lain. Ada juga wadah yang semacam keranjang yang berlubang sehingga dapat melukai tubuh ikan.
Polusi terjadi di mana-mana, karena jarak parkiran yang terlalu dekat dengan daerah pelelangan ikan.
Sanitasi dan hygiene dengan hal-hal diatas maka dapat disimpulkan bahwa kondisi tempat pelelangan ikan di paotere tidak saniter dan hygiene.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman