Senin, 31 Oktober 2011

TINGKAH LAKU IKAN

Tingkah laku ikan adalah adaptasi tubuh ikan terhadap pengaruh lingkungan internal dan eksternal. Yang termasuk pengaruh lingkungan eksternal adalah oksigen, cahaya, salinitas dan faktor linkungan lainnya. Yang termasuk faktor internal adalah kematangan goand, pertumbuhan.
Apa pentingnya pengetahuan tingkah laku ikan dalam bidang penangkapan ikan, berikut dijelaskan beberapa manfaat mengetahui tingkah lalu ikan dibidang penangkapa ikan antara lain:
a.Meningkatkan efisiensi alat tangkap
Sebagai gambaran dapat dikemukakan bahwa setiap jenis ikan mempunyai swimming depth (kedalaman renang) yang berbeda-beda. Ikan tembang berbeda swimming depth dengan ikan tongkol. ikan tembang berenang lebih dekat di permukaan air, sedangkan ikan tongkol berenang lebih dalam. Kedua jenis ikan ini dapat di tangkap dengan menggunakan jaring. Supaya efisisensi alat tangkap jaring yang digunakan untuk menangkap kedua ikan tersebut, maka un tuk menangkap ikan tembang tidak dibutuhkan lebar jaring yang lebih dalam ketimbang jaring yang digunakan untuk menangkap ikan tongkol.
b.Membantu dalam managemen perikanan
Dengan mengetahui kapan suatu jenis ikan melakukan pemijahan, kapan ikan tersebut telah dewasa maka pengturan penangkapan ikan brkelanjutan dengan mudah dapat dilakuan. Dalam managemen penangapan ikan, suatu daerah penangkapan (fishing ground) dapat dilakukan penutupan jika daerah tersebut merupakan tempat pemijahan (spawnng ground), kapan ikan tersebut melakukan pemijahan harus diketahui dengan mengetahui tingkah laku iakn tersebut.
c.Menciptakan alat penangkapan ikan yang sesuai
Menangkap ikan dapat dilakukan dengan memakasa agar ikan tersebut masuk pada suatu alat tangkap yang digunakan, namun dapat pula dilakukan dengan menyalurkan keinginan ikan sesuai dengan nalurinya. Ikan-ikan yang senang masuk ke lubang misalnya akan lebih efektif jika ditangkap dengan menggunakan jaring. Dengan demikian model bubu atau perangkap yang dibuat akan disesuaikan dengan tingkah laku ikan tersebut. Sebagai conth dapat dikemukakan bahwa iakn kerapu merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di daerah terumbu karang dan masuk ke selah-selah karang untuk mencari mangsa. Dengan demikian alat tangkap bubu yang diberi umpan akan menjadi efektif untuk menangkap ikan kerapu.
d.Mengefisiensikan tenaga manusia
Dengan mengetahui tingkah laku ikan, kita akan tahu berapa jumlh tenaga manusia yang dapat digunakan agar aktifitas usaha pnangkapan lebih efisien. Beberapa jenis ikan dalam melakukan pengelompokan jumlah sedikit nemun ada pua berkelompok dalam jumlah yang sangat besar. Gerombolan ikan yang besar tentu membutuhkan tenaga manusia yang lebih banyak dalam penanganannya di atas kapal.
e.Memudahkan dalam penangkapan ikan
Mengetahui tingkah laku suatu jenis ikan sangat membantu nelayan dalam memudahkan penangkapan ikan. Sebagai contohdapat dikemukakan bahwa jenis-jenis ikan yag tertarik oleh cahaya dilakukan penangkapan dengan menyalakan lampu pada malam hari di laut atau di perairan lainnya, ikan-ikan tersebut datang disekitar lampu lalu dilakukan penangkapan. Pengetahuan ini memudahkan pada nelayan untuk menggunakan bebagai jenis dan warna lampu yang dapa menarik ikan dalam jumlah yang lebih besar.
f.Membantu dalam pengembangan penangkapan ikan yang ramah lingkungan.
Akhir-akhir ini pengembangan penangkapan ikan selalu di tuntut agar menjag adan memelihara kelestarian sumberdaya ikan yang ada di perairan. Mengetahui tingkah laku ikan, misalnya kapan memijahnya, dimana tempat pemijahannya, berapa potensi reproduksinya, pada ukuran berapa pertama kali matang gonad dan lain-lain merupakan pengathuan yang harus diketahui dalam penangkapan ikan ramah lingkungan. Dalam hubungan ini dikenal ikan layak tangkap dan dan belum layak tangkap. Ikan yang layak tangkap adalah ikan-ikan yang sudah pernah melakukan pemijahan minimal sekali dalam hidupnya baru di tangkap. Hal ini dimaksudkan agar kelesatarian sumberdaya ikan lebih terjamin

3 komentar:

Total Tayangan Halaman