Rabu, 23 November 2011

instrumen alat bantu penangkapan


A.     Fish Finder
Fishfinder adalah jenis fathometer, kedua jenis khusus yang terdengar gema sistem, jenis Aktif SONAR. (‘Bunyi’ adalah pengukuran kedalaman air, jangka waktu penggunaan sejarah bahari yang sangat panjang) fishfinder menggunakan sonar aktif untuk mendeteksi ikan dan ‘dasar’ serta menampilkannya pada perangkat tampilan grafis,. Umumnya layar LCD atau CRT.
A.    Sonar
Sonar (Singkatan dari bahasa Inggris: sound navigation and ranging), merupakan istilah Amerika yang pertama kali digunakan semasa Perang Dunia, yang berarti penjarakan dan navigasi suara, adalah sebuah teknik yang menggunakan penjalaran suara dalam air untuk navigasi atau mendeteksi kendaraan air lainnya. Sementara itu, Inggris punya sebutan lain untuk sonar, yakni ASDIC (Anti-Submarine Detection Investigation Committee).
Sonar adalah suatu metode yang memanfaatkan perambatan suara di dalam air untuk mengetahui keberadaan obyek yang berada di bawah permukaan kawasan perairan. Suatu alat navigasi elektronik dengan menggunakan energi acoustic dalam bentuk sistem gema, yang dipasang di kapal untuk mengetahui kedalaman suatu perairan, bentuk dasar suatu perairan, serta untuk memperoleh informasi yang ada di perairan, terdapat dua instrument yang dikenal yaitu Echo Sounder (penduga gema)  merupakan salah satu alat yang kerap digunakan dalam kajian sains kelautan terutama digunakan untuk menentukan atau mengukur kedalaman air dimana kedalaman dasar laut dapat dihitung dari perbedaan waktu antara pengiriman dan penerimaan pulsa suara, keadaan permukaan dasar lautan, serta sebagai perekam kedalaman (depth recorder) dan Doppler Log yang digunakan untuk mengukur kecepatan kapal.
GPS (Global Positioning System)
Sistem Kedudukan Sejagat / GPS (Global Positioning System) adalah sistem untuk menentukan posisi di permukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan posisi, kecepatan, arah, dan waktu. Sistem yang serupa dengan GPS antara lain GLONASS Rusia, Galileo Uni Eropa, IRNSS India
Seperti yang kita ketahui GPS adalah ‘Global Positioning System’, yang dimana ia adalah suatu sistem navigasi yang berdasarkan satelit dan dikembangkan oleh DoD (Department of Defense) nya Amerika. GPS dapat memberikan posisi dari suatu lokasi user dimanapun di bumi ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman